Perbaiki Diri Sendiri Sebelum Orang Lain

by - 11:00 PM





Selamat hari Sabtu!

Akhir-akhir ini gue selalu kepikiran tentang ini dan entah kenapa ya gue pengen aja nulis tentang ini.
Kan lagi hot banget nih topik tentang seseorang publik figur di sosial media yang mengumbar tentang kekalutan hidupnya di vlog.
Jujur, gue bukan orang yang tertarik sama hidup orang yang bahkan bukan artis.
Sama artis aja gue masa bodo amat gitu, kecuali yang emang lagi viral banget ya mau ga mau pasti gue tau dan suka kepoin juga.
Trus sekarang semua orang jadi ngomongin si orang ini dan bahkan ga sedikit orang yang ngejek-ngejek dia gitu.

Serius ya, gue gak akan memihak siapapun disini karena setiap sisi punya kesalahannya sendiri.
Dari sisi si publik figur, salahnya dia adalah dia mengumbar tentang "keburukannya" dia sendiri entah itu dia lakukan sengaja atau engga dan yang harusnya dari setiap pola pikir manusia dia itu sadar ngelakuin itu. Dia komplain tentang hidupnya, tentang gimana orang ga ngerasain apa yang terjadi sama dia.
Well, who does??
Itu hidup ya hidup lo gitu. Gue juga gak meminta orang untuk mengerti hidup gue kok.
Dan dia mengumbar itu seakan-akan dia tertindas banget. Ya bukannya gimana, tapi dari setiap postingan sosial medianya itu aja udah mengundang banyak komentar dan dengan gaya hidupnya dia yang seperti itu gabisa dong dia mengharapkan banjiran pujian daripada kritikan. 
Itulah salahnya dia, tidak ingin dikritik tapi mengundang kritik.

Dan apa salah kalian pengguna sosmed?
Kalian gak seharusnya menggunakan hidup dia sebagai candaan. Kalian udah tau bahwa hidup dia itu gak patut dicontoh dan yaudah. Keep it for yourself.
Jadiin itu acuan buat kalian lebih cermat lagi dalam memposting sesuatu di sosmed.
Bukan berarti kalian bisa menjudge hidup dia seenak jidat.
Hidup dia bukan sebatas apa yang kita liat di luarnya aja.
Dia punya sisi kehidupan lain yang mungkin kita gak tau.
Dan kita sebagai manusia cuma mau ngeliat apa yang ingin kita liat aja dan itu emang sifat alami yang wajar.
Dan kalo kita udah tau itu, coba deh jangan asal main kasih kritik atau komen yang menjatuhkan orang lain. Coba dulu cek diri kalian udah bener belom.
Apa kalian udah bener-bener pantes buat ngasih komentar seperti itu sama orang lain?
Gue gak bilang komentar itu salah karena semua orang punya hak berpendapat.
Tapi ya komentar itu kan bisa dipilah, baiknya kasih yang membangun.
Kita mana tau kalo kata-kata kita itu bisa aja terngiang di dia dan buat orang itu stress.
Kata-kata itu berbahaya. Satu kata salah bisa menyisakan sayatan yang dalam.
Bukan kita yang ngomong yang ngerasain tapi dia yang kita komentarin.

Ya, jujur aja gue juga masih suka komentarin orang, tapi gue berusaha untuk me-refrain itu sekarang.
Makanya, gue cuma mau bilang ayo kita benahi diri kita dulu sebelum ngurusin urusan orang lain.
Apalagi orang yang bahkan gaada urusan gitu sama kita. 
Emang publik figur melakukan hal-hal itu merugikan kita? kan engga.
Dan kalo ngomong atau komentar ya tolong dipilah dulu mana yang membangun mana yang menjatuhkan.
Jangan kita menjatuhkan orang lain disaat kita sendiri belum sempurna.

You May Also Like

0 comments