Jika Aku Menjadi...

by - 2:16 AM


Jika aku menjadi...
Pertanyaan itu kadang suka terngiang di kepala gue
Tentang bagaimana kalo gue ga hidup seperti sekarang
Bagaimana kalo hidup gue kurang beruntung...

Gue selalu inget sama acara TV yang dulu terkenal itu.
Gimana orang ngerasain untuk hidup susah, bahkan untuk dapet uang lima ribu rupiah aja harus mandi keringat dulu.

Disaat gue liat betapa orang tua mati-matian buat biayain anaknya sekolah, gue terharu banget..
Dan emang anak seperti itu penuh semangat banget buat menuntut ilmu.
Mereka punya cita-cita.

Gue selalu bayangin,
Gimana ya hidup gue kalo gue ga sekolah
Gimana pergaulan gue
Gimana nasib gue
Apa gue bakal punya tujuan hidup?

Segala kemungkinan itu selalu terngiang..
Mungkin kalo gue ga punya kesempatan buat sekolah, gue bakal lagi kerja sekarang entah dimana dan entah kerja apa,
Mungkin juga gue bakal berkeliaran di jalan
Mungkin gue akan bawa kecrekan dan berhenti di lampu merah.
Mungkin dengan selembar uang dua ribuan aja gue udah bahagia banget.
Dan mungkin lagi, melihat setumpuk buku dan alat tulis gue akan merasa punya harapan dan masa depan.

Segala kemungkinan itu selalu ada.
Dan dengan gue yang bisa bersekolah, gue selalu ngeluh kalo ada tugas dan kalo pelajaran ada yang gue gak ngerti.
Gue sadar betapa gue ga bersyukur punya kesempatan bisa mengecap edukasi.

Namun, setiap gue memikirkan segala kemungkinan itu, gue sadar... betapa gue diberi anugerah yang luar biasa untuk bisa merasakan sekolah.
Untuk bisa hidup berkecukupan dan mempunyai mimpi untuk ke depan.

Gue selalu berharap,
Agar mereka yang belum beruntung bisa mendapat kesempatan yang sama seperti gue.
Tapi, sekolah atau tidak sekolah, setiap manusia memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpinya.
Asal ada tekad diboncengi doa, segala sesuatu adalah mungkin.

"Kita tidak bisa mengajari orang apapun
Kita hanya bisa membantu mereka menemukannya di dalam diri mereka"

(Galileo Galilei)



You May Also Like

0 comments