Kebebasan Berpendidikan

by - 6:44 AM




Dari dulu gue selalu ngebayangin gimana rasanya jadi menteri.
Gue selalu kagum dengan menteri-menteri kita.
Mereka cerdas dan bisa diandalkan.. ya, walau ada beberapa yang bermasalah juga.
Jujur, gue juga mau jadi menteri itu sebabnya gue kuliah jurusan Hub. Internasional.

Akhir-akhir ini masalah pendidikan lagi disorot banget kan karena baru mulainya tahun ajaran baru.
Jujur, gue suka cara kerja menteri pendidikan kita yang baru, Bapak Anies Baswedan.
Dan kalau gue bisa punya kesempatan untuk bisa jadi Menteri Pendidikan, ada beberapa hal yang ingin gue lakukan dengan sistem pendidikan di Indonesia ini.

Hal yang mau gue ubah itu adalah cara anak-anak di sekolah memilih paket pelajarannya.
Untuk SD, untuk pelajaran seperti sekarang itu gue udah setuju, dengan pelajaran-pelajaran wajib kayak Bahasa, Mat, IPA, Bahasa Inggris, dll menurut gue itu udah baik banget untuk basic pendidikan.
Untuk SMP, ada baiknya anak-anak udah boleh dibebaskan memilih pelajaran yang mereka pengen dan butuhin sesuai dengan apa cita-cita dan passion mereka.
Begitu juga dengan SMA.
Dan penting juga untuk diadakannya sex education min. sejak SMP.
Karena menurut gue, dengan adanya pelajaran yang udah dikotak-kotakin gitu dan udah ditentuin itu-itu aja, belum tentu itu akan berguna di masa depan anak.
Ga semua anak punya mimpi yang berhubungan sama Fisika, Kimia, Geografi, dll.
Sesungguhnya gue terinspirasi banget sama sistem pendidikan Amerika yang bebasin anaknya milih pelajaran yang sesuai passion mereka dan emang pelajarannya itu disediain untuk soft skill dan juga hard skill.
Jadi ga perlu repot-repot buang waktu dan tenaga buat belajar hal yang ga disukain.

Wajib belajar 12 tahun juga perlu lagi ditingkatkan, maksudnya bukan hanya sekedar program.
Tapi harus ada hasilnya.
Karena bersekolah itu penting bukan cuma untuk dapet ilmu aja, tapi juga gimana caranya anak bisa bergaul dengan orang lain dan bagaimana menghargai perbedaan orang-orang disekitarnya.
Memperoleh pendidikan juga membantu anak memahami norma yang baik di masyarakat, tentunya agar mereka memahami sub kebudayaan menyimpang yang masih banyak terdapat di masyarakat dan biar mereka bisa menghargai kebudayaan setiap masing-masing orang.

Gue juga pengen banget ngebagusin sekolah-sekolah di daerah-daerah dan menambah tenaga pengajar disana.
Karena pendidikan itu kan untuk semua kalangan dan setiap orang punya hak untuk mengecapnya.
Dan masih banyak orang yang belum cukup beruntung untuk itu.
Dan gue pengen banget biar mereka bisa memperoleh bantuan untuk bisa sama-sama punya kesempatan untuk memperoleh pendidikan

Jadi, itu beberapa hal yang ingin gue lakuin kalo gue bisa jadi Menteri Pendidikan.
Sesungguhnya pendidikan itu ada bukan karena tidak disengaja, tapi ada untuk membawa manusia menjadi makhluk yang berilmu dan beradab.
Mari kita sama-sama berharap agar sistem pendidikan di Indonesia terus membaik dan menjadikan rakyat Indonesia menjadi manusia-manusia yang mumpuni dan penuh integritas.

"Pendidikan adalah teman terbaik. Seorang yang terdidik akan dihargai di manapun. Pendidikan mengalahkan kecantikan dan masa muda."
-Chanakya

You May Also Like

3 comments