Jangan Menyalahkan Kebiasaan

3:45 AM atika silvia 0 Comments


Hai lagi.
Jadi hari ini gue mau ngomongin soal perubahan.
Ya emang perubahan itu gak mudah buat dilakuin karena gue sendiri ngerasain itu..
Gak semua perubahan itu baik.
Tapi perubahan yang baik itu penting.

Gue mau ngomongin tentang kebiasaan manusia-manusia Indonesia yang SUSAH banget buang sampah di tempatnya.
Halo semuanyaaaa... tempat sampah itu sudah disediakan oleh pemerintah kita.
Di setiap sudut jalan itu pasti ada tempat sampah. 
Jadi bukan alesan dong buang sampah sembarangan karena gaada tempat sampah??
Alasan sesungguhnya adalah kita itu males nyari tempat sampah. Benar tidak?

Kawan-kawan sebangsa dan setanah air.. 
Membuang sampah pada tempatnya itu penting.
Kalian mau Indonesia jadi negara yang bersih dan nyaman kayak negara-negara di Eropa.
Terutama si Ibukota, Jakarta.
Kalian-kalian yang mau Jakarta jadi bersih dan nyaman ya tolong lah buang sampah di tempatnya.
Tolong jangan buang di got, kali, trotoar, diselipin di tembok-tembok yang bolong, atau bahkan main buang aja dari kaca mobil. *facepalm*
Nanti banjir nyalahinnya pemerintah, dibilang ga becus lah kerjanya atau ga berusaha mengatasi banjir dan sampah lah. 
*huft moment*

HELLO?? 
Sampah bakalan terus ada kalo kalian terus buang ditempat yang itu-itu aja.
Yang nyampah siapa? 
Yang gamau banjir siapa?
Yang mau hidup nyaman siapa?
Ya harus ada usaha dong buat mewujudkan Jakarta jadi kota yang bersih dan bebas banjir.
Kita gabisa terus mengandalkan kinerja pemerintah sedangkan kita sendiri gamau ambil andil dalam mewujudkan itu semua.

Memang mengubah kebiasaan itu gak gampang.
Tapi kalo kita mencoba terus-menerus, itu akan menjadi kebiasaan baru kita yang tentu lebih baik.
Kebiasaan buruk kita itu ada karena kita awalnya melakukan itu dan merasa oke-oke aja, jadi keterusan.
Coba deh, berusaha buang sampah di tempatnya dan jangan puas cuma sekali aja berasa udah ikut ambil peran dalam kebersihan. 
Terusin dan jadiin itu kebiasaan.
Dan kalo kalian emang bener-bener gabisa nemuin tempat sampah, simpen dulu atau pegang dulu sampah kalian sampai kalian nemuin tempat sampah, baru dibuang.

Buang sampah sembarangan itu baru satu contoh aja masalah yang perlu diubah.
Masih banyak lagi masalah masyarakat yang perlu diubah, kayak merokok sembarangan.
Kawan, hargailah kebersihan dan kenyamanan lingkungan bersama.
Kalau lingkungan bersih kan yang seneng bukan kita aja, tapi juga orang lain.
Kalau lingkungan sehat kan bukan kita aja yang ngerasain, tapi juga yang lain.
Jadi, cobalah mengubah kebiasaan demi kehidupan yang lebih baik.

Kebiasaan bukan tidak bisa diubah, tapi mengubah kebiasaan haruslah diikuti dengan kemauan dan dibarengi dengan suatu tujuan.

0 comments: