About a Little Tips n Trick

by - 6:31 AM


Hello! Greetings from Bandung!
Ya, setelah melewati 2 hari masa ospek gabungan dan 3 hari ospek fakultas, akhirnya saya resmi menjadi mahasiswi baru di Universitas Parahyangan, Bandung.
Selama ospek gabungan (semua jurusan) itu seru banget.. gue bisa kenal banyak anak baru terus hal yang disayangkan adalah itu kentang banget karena baru aja mau mulai bener-bener kenal malah dipisah buat ospek fakultas. 
So..yaa itu sih hal yang disayangkan, jd belom terlalu get to know each other well.

Dan hari ke-3 sampe ke-5 itu adalah ospek fakultas.
Gue ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di jurusan Ilmu Hub. Internasional.
Jurusan gue adalah jurusan dengan mahasiswa terbanyak di FISIP. 
Sekitar 299 sih kalo di group.
Terus tema ospek fakultas gue itu adalah "Kultivar" yg artinya varietas bibit terpilih yang siap ditanam.
Jadi, maba FISIP adalah bibit yang terpilih dari sekian banyak peserta yang mengikuti jalur masuk Unpar untuk siap ditanam di Kampus 3 (gedung FISIP).
Terus dibagi-bagi kelompok namanya itu Tunas. Ada tunas 1-32.
Dan gue berada di Tunas 12.
Jadi, selama masa ospek itu kita diwajibkan bikin buku putih dan di buku itu adalah tempat dimana kita harus mencatat tugas-tugas yang diberikan kakak panitia.

Dan pada hari terakhir ospek fakultas itu ada sesi sharing sama kakak alumni dan senior.
Yang hadir pada saat itu adalah Kak Stephen, Putri Intan (Putan), dan Gina.
Mereka sharing tentang apa kesibukan mereka dan how to survive di Unpar.
Gue akan share beberapa hal yang gue dapet. 
I hope that it will be useful for you too, guys.

Gue mau jelasin dulu, mereka itu adalah orang-orang yang aktif both in kegiatan luar kampus dan dalam kampus.
Kak Stephen adalah mantan Presiden Mahasiswa, kak Putan adalah salah satu mentor kelompok ospek dan dia punya online shop juga, trus kak Gina yang merupakan finalis Abang None Jakarta (dari Jakarta Barat).
Dan mereka ngeshare gimana caranya ngimbangin waktu untuk di luar dan di dalam kampus.
So, ini beberapa tips untuk mengimbangi waktu :

1. Utamakan kuliah
    Sesibuk apapun kita dengan kegiatan di luar kampus, jangan pernah lepasin kuliah atau mengabaikan kuliah. Karena tujuan awal kita kuliah itu kan untuk lulus dan kalo bisa secepet mungkin. Jadi, biar ga keteteran kuliahnya, kita harus mengutamakan kuliah dibanding kegiatan kita.

2. Jangan kupu-kupu
    Kita sebagai mahasiswa harusnya menjadi orang yang aktif dalam bersosialisasi. Jangan cuma ngejar IP bagus jadinya belajaaar mulu. Istilahnya kuliah pulang kuliah pulang (kupu-kupu). Karena dengan kita cuma fokus belajar aja, pengalaman kita dan fun kita selama menjalani masa perkuliahan akan berkurang. Dan kalo punya kegiatan lain di luar, jangan jadi alasan buat kita ga bergaul dengan teman-teman di kampus. Buat kalian yang ga suka nongkrong, janganlah terpaku dengan nongkrong yang kalian anggap di warung-warung atau kantin dan cuma ngobrol-ngobrol. Karena nongkrong itu bisa dengan kita kumpul untuk rapat atau bercengkrama mengenai misalnya, kepanitiaan atau tugas-tugas lain dalam organisasi. Jadi, penting tuh untuk ikut organisasi atau kegiatan di kampus.

3. Membangun relasi
    Seperti yang gue bilang tadi, bersosialisasi itu penting. Dan dengan bersosialisasi, kita akan bisa membangun relasi. Membangun relasi baik dengan banyak orang itu penting. Mana tau di masa depan orang itu akan  membantu hidup kita. Membangun relasi itu bisa dengan siapa aja. Dengan dosen, teman-teman, para pekarya, pedagang sekitar, warga sekitar, dll. Karena hanya dengan senyum atau sebuah sapaan aja udah bisa membuat kita menjaga relasi baik dengan orang-orang.  Karena sekali lagi, bantuan itu bisa datang dari siapa aja dan dalam bentuk apa aja.

4. Tetap aktif di dalam
    Kalau kita punya kegiatan lain di luar, jangan membatasi diri kita untuk gak bergaul sama orang-orang di dalam kampus. Karena kampus adalah tempat kita banyak menghabiskan waktu di perkuliahan kan. Jadi, dengan kita aktif dalam mengikuti organisasi di dalam kampus, kita akan punya banyak manfaat. Selain dapet banyak temen baru, juga bisa membantu kita untuk memiliki pengalaman baru yang pasti akan ada manfaatnya di masa depan. Jadi, aktiflah dalam berorganisasi di dalam kampus.

Itu adalah beberapa tips untuk bisa aktif dalam kegiatan baik di luar dan di dalam kampus.
Ada beberapa tips lagi yang akan gue bagikan, tapi bukan di post ini hehe.
Tunggu ya post gue selanjutnyaa.
Dan semoga tips ini bisa bermanfaat, terutama bagi kalian mahasiswa/i baru.
Semangat terus dalam menjalani kehidupan perkuliahan and see you in the next post!






You May Also Like

0 comments