About a Little Tips n Trick (Pt. II)

by - 7:01 AM



HELLOOOO!
I'm back again in this Sunday night. kinda gloomy but whatever.
Sebelum gue melanjutkan tips n trick gue, gue mau mengucapkan DIRGAHAYU KE-71 TAHUN UNTUK INDONESIA TERCINTAKU <3
ya gapapa lah ya ucapinnya belated gitu ceritanya.
trus bangga banget dong ganda campuran bulutangkis Indonesia (Liliyana-Tontowi) menang medali emas di Olimpiade Rio. *clap sfx on play*




Jadi tanpa berlama-lama lagi, gue akan memberikan sisa tips n tricks "how to survive the college life"
1. Jangan bawa diri ke titik ekstrim
    Maksudnya? Jangan bawa diri kalian untuk menargetkan gue lulus 3,5 tahun lah. Itu bener banget dan gak salah kok punya target kayak gitu. Maksudnya titik ekstrim adalah jangan terlalu terpaku pada itu dan malah kalian jadi kupu-kupu atau janganlah menargetkan maunya aktif dan maunya hits gitu di kuliah. Kenapa? karena itu bisa menjadikan kalian jadi kunang-kunang (kuliah nangkring).
Jadi jalanin aja kehidupan perkuliahan dengan target yang sewajarnya dan have a balance antara belajar dan bergaul.

2. Bergaul dengan orang yang tepat
    Nah, ini gak kalah pentingnya. Inget ya, bergaul dengan orang yang benar itu akan mempengaruhi perkuliahan kita bahkan bisa ke masa depan. Pilihlah pergaulan yang baik yang membuat kalian melakukan hal positif. Kalo kalian gaul dan gaul dengan mereka bikin kalian jd males kuliah atau sering skip kelas itu udah jelas banget kan kalo pergaulan itu tuh ga baik. Jadi, cobalah bergaul dan bergabung dengan komunitas yang positif misalnya himpunan mahasiswa atau kepanitiaan acara. Toh, kumpul-kumpulnya bukan cuma yang wasting time aja kan.

3. Manage diri sendiri
    INI DIA. Bagi kalian para perantau, ini penting banget ya. Kita bukan lagi pelajar. Kita ini MAHASISWA, yang harusnya udah bisa hidup mandiri dan gak selalu mengandalkan orang tua. Me-manage diri sendiri dari hal kecil kayak bangun pagi itu adalah sesuatu yang perlu banget dibangun saat kita hidup sendiri. Jangan mentang-mentang hidup sendiri jauh dari orang tua malah jadi bandel dan maunya seneng-seneng mulu aja. Inget, orang tua udah percayain kita buat kuliah jauh, jadi berusahalah mengatur diri kalian sendiri menjadi lebih mandiri dan dewasa. Gausah norak sama pergaulan karena baru bebas dari pengawasan orang tua.

4. Mudah beradaptasi
    Ini ya mas, mba.  Diharapkan banget nih soal beradaptasi. Ini kan dimulainya dari diri sendiri ya, jadi pintar-pintarlah bersosialisasi dan mencari relasi. Karena dengan hidup individualis, kita gaakan bisa survive di kota orang. Jadilah fleksibel dalam bergaul dan jangan menutup diri.

Itu adalah beberapa hal yang penting banget dilakuin untuk bisa survive lah di perkuliahan dan ada lagi cara untuk me-maintain positive thinking bagi para perantau. Yaitu, dekatkanlah diri dengan Tuhan, karena dengan dekat dengan Dia dan mengadu pada Dia kita bisa menenangkan hati dan pikiran kita.
Terus, sugestilah yang positif terhadap diri sendiri dan pada keadaan yang sedang dialami. Itu penting ya buat mengusir segala pikiran-pikiran negatif.

AAAAND THAT'S IT.
Gue berharap sedikit tips ini bisa berguna bagi kalian yang baru atau bahkan akan menghadapi kehidupan perkuliahan.
Pesan gue adalah SEMANGAT!

You May Also Like

0 comments